Pages

Tiny Finger Point Hand With Heart
April 22, 2014

B Blog's I A.M a Blogger: Kenapa Aku Menjadi Seorang Blogger?

Selamat siang, hippies :* Maafkan kalo aku jarang review padahal di draft banyak review yang menanti untuk di publish :( itu disebabkan karena koneksi internet yang lemot membuat aku jadi males, menunda ngetik dan publish review yang ada di draft. Aku janji bulan depan mulai rajin review ya. Semoga koneksi bersahabat jadi aku bisa melaksanakan janji tersebut :')

Di postingan hari ini aku mau membahas tentang blogku ini. Kapan aku memulai untuk jadi seorang blogger, kenapa aku jadi blogger dan apa sih keuntungan dari seorang blogger? Penasaran? Mari terus simak postingan ini hingga selesai \(^o^)/

KAPAN DAN KENAPA MENJADI SEORANG BLOGGER?
Sebelum menjelaskan kapan aku menjadi seorang blogger, aku akan menceritakan alasan mengapa aku tertarik menjadi seorang blogger? Pertama kali aku mulai sering membaca review dari blog oranglain alias silent reader itu sejak April tahun lalu, pas banget setahun nih. Mulai hobby membaca review dari blog oranglain terutama tentang beauty dan food karena menemukan grup di facebook yaitu Indonesian Beauty Blogger dan Indonesian Foodblogger, selain itu karena aku mempunyai seorang sahabat yang menjadi seorang food blogger yaitu Buby. Buby sudah menjadi food blogger dari Agustus 2012. Biasanya aku cuma nemenin Buby wisata kuliner buat menambah bahan review di blognya. Suatu hari ketika Buby mengajakku untuk menghadiri gathering bersama food blogger, dengan senang hati aku mengikutinya. Nah mulai dari situ juga akhirnya aku memutuskan untuk menjadi seorang blogger. Akhirnya post pertama di blogku adalah bulan Juli 2013, mereview tempat dimana aku diajak Buby untuk menghadiri acara gathering food blogger tersebut.

Jadi kenapa aku menjadi seorang blogger? Karena aku tertarik dalam dunia menulis. Karena dengan menulis aku bisa menceritakan atau berbagai banyak hal kepada oranglain. Tidak hanya dengan kata-kata tetapi dilengkapi dengan foto atau gambar, aku bisa berbagi pengalaman dan informasi yang aku ketahui tentang review yang sudah aku publish di blogku ini.

PEMILIHAN NAMA DAN TEMA UNTUK BLOG
Setiap orang yang membuat blog pastinya menentukan nama dan tema untuk blog mereka, sama hal nya denganku. Aku pun memilih nama dan tema untuk blogku ini. Seperti yang kalian tau, blogku ini bernama heartpearce.blogspot.com tapi apa dari kalian ada yang tahu kenapa aku memilih nama blogku dengan heartpearce? Sejak 2010 aku ngefans banget sama Pevita Pearce, I LOVE HER SO MUCH! suka banget liat gaya fashion nya pevita, suka barang-barang "berbau" peace kayak pevita, punya obsesi biar kurus kayak pevita tapi mustahil banget ya hahahaha kalo kalian teman dekatku pasti mengetahui itu :p Jadi karena itulah aku memilih nama heartpearce sebagai nama blogku ini.  
Untuk tema karena aku suka banyak membaca review tentang kecantikan dan makanan jadi aku memilih untuk menjadi seorang beauty sekaligus food blogger. Ya walaupun aku masih newbie sih karena belum banyak reviewku tentang beauty ataupun food tapi aku berusaha untuk menjadi blogger yang baik :)
Seperti yang kalian ketahui jika membuka blogku, inilah banner blogku.
 
Aku suka warna pinky peach, Lambang heart dan peace yang menjadi satu kemudian tulisan pearce lalu ada gambar cewek gendut dengan tangan bergaya peace. Karena aku gabisa edit mengedit dan mengerti html untuk layout blog jadinya aku meminta temanku untuk membantuku membuat layout blog ini. Thanks to Nita Lolly (Lolly'Artwork) yang udah buatin banner sekaligus layout blogku ini. Walaupun simple tapi aku suka banget❤️
Sempet berfikiran untuk mengganti bannernya jadi seperti banner dibawah ini tapi aku masih suka dengan banner sebelumnya karena terlihat lebih cute hahaha Mungkin aku akan mengganti bannernya dengan banner ini nanti ketika blogku ini sudah berumur 1tahun. Makasih juga buat Lin Venetta yang udah buat banner ini buatku.

KEUNTUNGAN MENJADI SEORANG BLOGGER
Banyak sekali hal yang aku dapatkan ketika menjadi seorang blogger, antara lain sebagai berikut:
1. Mempunyai banyak teman baru. Dengan adanya blog ini, aku jadi punya banyak teman yang mempunyai hobby sama yaitu menulis. Jadi bisa mengenal dan bertemu blogger senior favorite aku juga jika ada event tertentu. Seneng banget kalo udah bisa ketemu dan chit chat sama blogger favoriteku >___< Contohnya seperti salah satu foto bersama blogger lain waktu event beauty blogger.

source: Fweegie's Blog
2. Bertambahnya pengetahuan. Jadi seorang blogger itu bukan hanya hobby menulis loh tapi juga harus mempunyai membaca. Membaca blog oranglain itu penting. Kenapa penting? Karena dengan membaca blog oranglain kita akan mendapat pengetahuan baru yang sebelumnya tidak kita ketahui ataupun sudah kita ketahui namun belum paham betul dengan keunggulan atau kekurangan produk atau tempat tersebut.
3. Bertambahnya skill makeup. Nah dengan seringnya membaca blog oranglain aku jadi mengetahui lebih banyak tentang kecantikan. Dulu itu aku cuek banget dalam penampilan, ga suka dandan. Semenjak jadi beauty blogger, aku jadi mengetahui betapa pentingnya merawat wajah sendiri biar keliatan enak dilihat oleh oranglain. Dibawah ini aku masukan foto dimana dulu aku ga pernah suka dandan sampe bisa dandan walaupun hanya dandan natural :)

4. Diundang ke suatu event, mendapatkan uang tunai atau produk gratis. Mungkin ada banyak orang berpikiran jadi blogger yang ikut event cuma mau produk gratisan doang. Eits itu semua salah besar loh! Bagiku, mengikuti sebuah event itu hal yang mengasikan. Kenapa? Karena bisa bertemu dengan blogger lainnya sehingga bisa chit chat dengan mereka. Jadi aku dapat mengetahui langsung tentang event tersebut misal ada launching sebuah produk atau launching sebuah perusahaan baru tentang kecantikan, makanan atau blogger. Nah kalo mendapatkan produk gratisan itu pastinya membuat tiap orang jadi senang termasuk aku. Aku senang karena bisa mendapatkan produk gratisan itu tapi dengan mendapatkannya aku jadi bisa mengetahui keunggulan serta kelemahan produk tersebut. Tidak lupa untuk berbagi kepada oranglain dengan cara menulisnya di blog :) Dengan adanya kompetisi berhadiah atau sponsor juga kita bisa mendapatkan uang atau produk gratis dari suatu perusahaan. Itu adalah bentuk kerja sama antara blogger dengan perusahaan tersebut.
5. Menjadi populer. Ga cuma artis atau orang penting lainnya seperti presiden dan pejabat yang bisa terkenal atau populer. Menjadi seorang blogger pun bisa menjadi populer loh. Udah ada banyak blogger senior yang menjadi populer cuma karena hobby mereka menulis yang menjadikan mereka sebagai seorang blogger. Aku emang belum populer tapi siapa tau nanti nya aku bisa jadi populer juga seperti blogger lainnya jika blog ini sudah banyak pembaca nya. Perlu kerja cukup keras untuk membuat blog ini menjadi lebih terkenal dan layak dibaca publik.

TIPS & TRICK SEBAGAI BLOGGER
Menjadi seorang blogger itu bukanlah hal yang mudah loh. Ada berbagai tips & trick untuk menjadi seorang blogger. Antara lain:
1. Hobby menulis. Seperti yang sudah aku sebutkan diatas, bahwa menjadi seorang blogger itu harus mempunyai hobby menulis. Jika kita tidak mempunyai hobby menulis mana mungkin kita bisa menyukai menjadi seorang blogger. Menjadi seorang blogger itu ga gampang, karena tulisan di blognya harus dengan bahasa yang baik dan benar. Mau itu menggunakan bahasa Inggris ataupun Indonesia sekalipun.
2. Rajin membaca / blogwalking. Aku juga sudah menyebutkan diatas, bahwa menjadi seorang blogger itu ga cuma harus hobby menulis tapi membaca. Karena dengan membaca, selain mendapatkan info atau pengetahuan dari blog oranglain kita juga bisa mendapatkan viewers dari blog tersebut dengan cara berkomentar tentang postingan itu lalu menaruh link blog kita sehingga oranglain bisa mampir juga ke blog kita :p
3. Konten / Isi dari blog. Nah ini hal penting yang harus diperhatikan dalam menulis sesuatu di blog. Ketika kita akan menulis di blog, kita harus benar-benar mengetahui yang akan kita tulis, apakah pemilihan kata-kata sudah benar sehingga isi dari tulisan tersebut bisa tersampaikan kepada publik dan tentu nya jadi bermanfaat bagi publik.
4. Kualitas foto / gambar. Banyak blogger rela mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli sebuah kamera yang bagus demi menunjang kualitas foto / gambar yang dia foto untuk tulisannya tersebut. Dengan adanya foto / gambar suatu tulisan di dalam blog menjadi lebih menarik untuk dilihat juga dibaca. Jangan lupa untuk menggunakan watermark di foto kita supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti ada orang yang menggunakan foto kita dan diakui sebagai fotonya. Dan harus diingat juga dalam menggunakan watermark jangan terlalu jauh dari objek yang kita foto supaya tidak bisa di crop oleh orang yang berusaha menggunakan foto kita.
5. Layout blog. Layout blog juga ga kalah penting loh!! Dengan layout blog yang bagus bisa menarik perhatian pembaca. Gunakanlah layout yang simple dan enak dilihat oleh oranglain, jangan terlalu banyak animasi karena semakin rame blog kita dengan animasi pasti semakin berat untuk membuka blog kita! Pilihlah font yang mudah dibaca, background yang bisa menarik perhatian, serta warna yang sesuai dengan background nya. Jangan pilih warna yang ngejreng karena bikin mata jadi burem hahaha
6. Rajin Update. Ini sepertinya note buat diriku sendiri hahaha Kita harus rajin update blog seenggaknya dalam sebulan ada 3 post, jangan biarkan blog kita kosong! Lebih rajin update akan membuat blog kita makin banyak pembacanya juga terkenal.

APA ITU B BLOG
B Blog itu sebuah singkatan dari Bina Blog. B Blog merupakan milik PT Bina Blog Indonesia, yaitu perusahaan marketing blog network dan sosial media Jepang, CyberBuzz, Inc yang berlokasi di Jakarta. CyberBuzz sudah sangat terkenal di Jepang. Nah kalo B Blog ini mungkin belum begitu terkenal karena B Blog baru saja launching pada 27 Januari 2014 lalu, kalian bisa baca event report launching B Blog disini. B Blog bisa dikatakan sebagai wadahnya para blogger, tidak hanya beauty blogger tetapi seluruh blogger yang ada di Indonesia. Dengan adanya B Blog membuat kita dapat mengikuti banyak kesempatan untuk menghadiri berbagai event atau program yang diadakan oleh B Blog. Seperti hal nya postingan yang aku tulis ini, aku sedang berpartisipasi dalam B Blog’s, I A.M a Blogger.


Buat kalian yang udah sering mampir ke blogku pastinya sudah mengetahui kalo aku udah sering mengikuti event atau project yang diadakan oleh B Blog. Dengan mengikuti event atau project yang diadakan oleh B Blog, aku bisa mendapatkan berbagai keuntungan antara lain produk gratis dan uang tunai :p


Untuk project B Blog kali ini, ada yang penasaran ga sih hadiahnya apa? Aku kasih tau ya, akan ada 5 pemenang loh. Hadiahnya ada LG Nexus 5, Lenovo Vibe X, dan juga uang tunai dengan total hadiah 15juta. WOW banget kan hadiahnya? >_____< Aku ikutan project ini soalnya ngincer buat dapetin Lenovo Vibe X, biar bisa selfie terus kayak pevita lol tetep ya karena pevita jadi pengen Lenovo Vibe X :)))) Siapa yang mau hadiah tersebut? Buruan ikutan deh! Tinggal klik berpartisipasi dalam B Blog’s, I A.M a Blogger

Acara ini di organisir oleh B Blog Indonesia dan di sponsori oleh :






Setelah membaca postinganku ini gimana pendapat kalian? Seru kan menjadi seorang blogger dan tentu nya seru kan bisa bergabung dalam project yang diadakan oleh B Blog? Semoga postingan ini bermanfaat ya bagi kalian semuanya. Dan jangan lupa doain aku supaya menang menjadi salah satu dari 5 orang yang beruntung mendapatkan hadiah yang sudah aku sebutkan diatas :p





Thank you for reading my post.
Love,





Bunga☮

0 comments: